-->

Ketahui Tujuan Dan Manfaat Investasi Dalam Bisnis

 

tujuan-dan-manfaat-investasi

Ketahui Tujuan Dan Manfaat Investasi Dalam Bisnis - Apa itu Investasi? Pengertian Investasi adalah kegiatan menempatkan dana dalam jangka waktu tertentu dengan harapan penggunaan dana tersebut dapat menghasilkan keuntungan atau meningkatkan nilai investasi. Secara linguistik, menurut para ahli, pengertian investasi adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan akumulasi berupa harta kekayaan dengan harapan memperoleh keuntungan.

Orang yang berinvestasi disebut investor. Investasi juga kadang disebut sebagai investasi pada suatu perusahaan. Jadi istilah investasi sudah sangat fasih di bidang bisnis. Istilah investasi bukanlah hal baru di kalangan pebisnis. Investasi Dalam Bisnis berkaitan dengan hal-hal keuangan dan ekonomi.

Tujuan Investasi Dalam Bisnis

Dari pengertian investasi yang telah disebutkan di atas, investasi adalah kegiatan penanaman modal yang mempunyai beberapa tujuan. Tujuan dari investasi tersebut antara lain:

1. Dapatkan Penghasilan Tetap

Misalnya, jika Anda berinvestasi di sebuah perusahaan, Anda berhak atas persentase tertentu dari keuntungan perusahaan secara teratur selama Anda berinvestasi di perusahaan tersebut.

2. Perbesar Bisnis Anda

Selain keuntungan berupa uang, investasi dapat digunakan untuk kepentingan sosial, memperluas usaha dan lain-lain.

3. Jaminan Bisnis

Jika Anda berinvestasi di pemasok, akan ada jaminan bahwa bisnis Anda tidak akan kekurangan bahan baku dan terus mendapatkan pasar untuk menjual produk.

4. Kurangi Persaingan

Investasi juga dapat mengurangi persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Manfaat Investasi Dalam Bisnis

Berkenaan dengan tujuan investasi tersebut di atas, banyak pengusaha berinvestasi dengan tujuan utama mencari keuntungan dan mengembangkan usahanya. Mengacu pada pengertian penanaman modal yang berarti sebagai suatu bentuk penanaman modal, penanaman modal dalam usaha bermanfaat antara lain:

1. Meningkatkan Aset

Salah satu contohnya adalah ketika seseorang membeli tanah atau properti hari ini sebagai investasi, kemudian menjualnya di masa depan dengan nilai yang berkali-kali lipat dari harga saat dibeli.

2. Memenuhi Kebutuhan Di Masa Mendatang

Berinvestasi pada saat ini bertujuan untuk digunakan untuk menunjang kebutuhan hidup di masa depan. Salah satu contohnya adalah investasi emas, dimana tujuannya adalah untuk menjualnya di masa depan sebagai dana pendidikan anak.

3. Gaya Hidup Hemat

Dengan berinvestasi, seseorang akan berusaha mengalokasikan uangnya untuk hal-hal yang penting saja. Pada akhirnya hal ini akan membuat orang tersebut lebih hemat.

4. Menghindari Terjerat Hutang Piutang

Masih terkait poin 3, dengan gaya hidup hemat dan sederhana, tentunya seseorang akan terhindar dari masalah utang. Mereka yang telah berkomitmen untuk berinvestasi secara teratur akan terhindar dari masalah utang. Dan pada akhirnya akan membuat keuangannya menjadi lebih baik.

Demikian ulasan tentang Ketahui Tujuan Dan Manfaat Investasi Dalam Bisnis, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Tujuan Dan Manfaat Investasi Dalam Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel