-->

Mengenal Jenis Investasi Dan Tabungan Yang Bisa Anda Coba

mengenal-jenis-investasi


Mengenal Jenis Investasi Dan Tabungan Yang Bisa Anda Coba - Kata "investasi" selalu terdengar menarik. Namun, memulainya tidaklah mudah. Sebagai investor pemula, Anda mungkin pernah bingung memilih langkah pertama dalam berinvestasi, mengingat banyaknya jenis investasi yang tersedia. Apakah investasi A lebih baik? Atau investasi B jauh lebih menguntungkan?

Agar dapat menjawab pertanyaan seperti itu, pastikan Anda memahami jenis-jenis investasi yang memiliki rentang waktu dan profil risiko yang berbeda sesuai dengan kebutuhan finansial Anda. Mari kita pelajari bersama, beberapa Jenis Investasi dan tabungan yang bisa Anda coba dengan mudah!

Tabungan

Sahabat Jenius ingin mulai berinvestasi, tapi sudah punya tabungan belum? Bisa dibilang, dengan memiliki tabungan Anda selangkah lebih dekat untuk berinvestasi. Alasan pertama, Anda membutuhkan modal untuk berinvestasi. Nah alasan kedua, menabung bisa membuat Anda terbiasa menyisihkan uang sebelum mulai berinvestasi.

Jika Anda memiliki tujuan keuangan yang ingin Anda capai dalam 1 hingga 6 bulan ke depan, tabungan dapat membantu Anda mencapainya tanpa khawatir akan penurunan nilai investasi Anda. Ingat, jangan memasukkan uang yang akan segera digunakan ke instrumen investasi berisiko tinggi seperti saham, untuk memastikan kebutuhan Anda dapat terpenuhi tepat waktu.

Ingin mulai menabung? Kamu bisa belajar menabung di Jenius! Ada opsi tabungan debet otomatis Dream Saver yang dapat membantu Anda mewujudkan impian bepergian atau membeli PS5, serta opsi Flexi Saver yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan dana darurat atau dana investasi. Kedua tabungan ini memberikan bunga sebesar 2,5% p.a. dan fleksibilitas free-to-draw kapan saja tanpa penalti.

Deposito

Selain tabungan, Anda juga bisa mempertimbangkan deposito dengan risiko rendah. Deposito sangat mirip dengan tabungan, hanya saja ada jangka waktu penempatannya untuk mendapatkan bunga yang maksimal. Uang yang Anda investasikan dalam deposito akan memberi Anda keuntungan yang cenderung konsisten sesuai dengan keputusan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Bank Indonesia (BI).

Jika ingin deposit, ada fitur Maxi Saver di Jenius yang memberikan bunga 4% p.a. dengan jangka waktu penempatan 1 sampai 12 bulan. Membuat Maxi Saver juga praktis karena bisa dibuat tanpa perlu ke bank dan bisa dicairkan sebelum jatuh tempo jika ada keperluan mendesak, tanpa penalti sama sekali.

Emas

Jika sahabat Jenius memiliki tujuan keuangan jangka panjang seperti dana untuk perjalanan haji atau dana pendidikan anak, berinvestasi emas dalam bentuk logam mulia—bukan perhiasan—bisa menjadi pilihan.

Emas memiliki rekam jejak yang baik bila disimpan lebih dari 5 tahun, karena pertumbuhannya dapat mengikuti laju inflasi dan tidak terpengaruh oleh resesi. Emas juga menjadi komponen diversifikasi investasi yang patut diperhatikan karena harga emas cenderung naik saat dolar AS melemah, seperti yang terjadi pada awal masa pandemi COVID-19 2020.

Surat Berharga Negara (SBN)

SBN adalah surat berharga yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah. Investasi SBN merupakan salah satu jenis obligasi yaitu surat utang jangka menengah dan panjang. Tidak seperti obligasi biasa, SBN akan mengalokasikan investasi Anda untuk mendanai program-program prioritas dalam memajukan negara.

Demikian ulasan tentang Mengenal Jenis Investasi Dan Tabungan Yang Bisa Anda Coba semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis Investasi Dan Tabungan Yang Bisa Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel