-->

Ketahui Tentang Kelebihan Investasi Tanah

 

kelebihan-investasi-tanah

Ketahui Tentang Kelebihan Investasi Tanah - Seperti diketahui, investasi disebut juga dengan investasi. Investasi memang cukup menjanjikan keuntungan, namun investor juga harus bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari investasinya. Jenis investasi yang umum dijumpai di Indonesia cukup beragam. Berbicara tentang investasi properti, ternyata bukan hanya rumah, apartemen, dan ruko saja.

Ada lagi instrumen investasi properti yang tak kalah unggul, yakni investasi tanah. Tak bisa dipungkiri, harga tanah memang mengalami kenaikan berlipat ganda saat investasi properti mulai ramai di sekitar tahun 2012-2013. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga komoditas pada saat itu. Bahkan, kenaikan harga tanah bisa dikatakan tidak rasional.

Seiring waktu, harga tanah semakin terkoreksi sendiri. Hal ini menandakan bahwa investasi lahan kini mulai bergairah kembali. Jika Anda ingin melakukan investasi ini, ada baiknya Anda memperhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Kali ini kami akan mengulas secara lengkap kelebihan Investasi Tanah. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Investasi Tanah

1. Kenaikan Capital Gain Cenderung Tinggi

Seperti yang sudah diketahui, bahwa ketersediaan lahan semakin menipis, terutama di perkotaan. Padahal permintaan akan properti juga meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu, tidak heran jika harga tanah sering mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Bagi investor, momen ini dipandang sebagai peluang untuk meraup keuntungan melalui investasi tanah.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa tanah dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Selain itu, kenaikan harga tanah memberi Anda kesempatan untuk menikmati capital gain. Jika sewaktu-waktu lingkungan di sekitar tanah Anda mengalami pembangunan infrastruktur, harga tanah juga bisa meroket.

2. Perawatan Minimal

Selanjutnya, perawatan lahan kosong tentu tidak semahal merawat properti lain seperti kos-kosan, apartemen, atau ruko. Bila bangunan tidak ditempati dan dibiarkan terbengkalai, maka kondisinya rentan terhadap kerusakan akibat jamur, hewan perusak seperti rayap, sehingga timbul risiko seperti atap bocor dan dinding keropos. Jika hal ini terjadi, biaya perbaikan yang harus dikeluarkan tidak sedikit.

Berbeda halnya dengan lahan kosong. Meski lama terbengkalai, biaya perawatan yang harus dikeluarkan tidak semahal biaya perbaikan properti. Jika ingin menghemat biaya perawatan, usahakan sebulan sekali meluangkan waktu untuk membersihkan lahan kosong dari gulma.

3. Risiko Kerugian Kecil

Investasi properti seperti rumah, ruko, atau apartemen dapat menghadapi risiko kerusakan yang besar dan dapat mengakibatkan nilai investasi turun drastis. Selain itu, investasi emas juga rentan terhadap kerugian kecil.

4. Kompetisi Cenderung Minim

Menjual kembali properti seperti rumah, apartemen atau ruko mungkin memakan waktu lama karena banyak persaingan. Lain halnya jika Anda ingin berinvestasi tanah dan berencana menjualnya kembali. Anda mungkin memiliki lebih sedikit pesaing, sehingga tanah memiliki lebih banyak peluang untuk dijual dengan cepat.

Demikian ulasan tentang Ketahui Tentang Kelebihan Investasi Tanah semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Tentang Kelebihan Investasi Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel